Saham Jepang Jatuh seiring Investor Timbang Ketegangan di Timur Tengah

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Jepang jatuh pada hari perdagangan pertama tahun ini seiring yen diperdagangkan mendekati level tertinggi dalam lebih dari dua bulan dan selera investor untuk aset berisiko berkurang setelah Arab Saudi memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran.

Indeks Topix turun dengan 0,9 persen ke level 1,533.78 pada pukul 09:01 pagi waktu Tokyo seiring pembuat ban memimpin kerugian, sementara pengeksplor energi naik. Indeks naik 9,9 persen tahun lalu, menjadikan tahun keempat keuntungan beruntun. Indeks Nikkei 225 Stock Average kehilangan 1 persen ke level 18,838.87. Yen diperdagangkan pada level 120,31 per dolar. Harga minyak mentah melonjak setelah Arab Saudi mengusir diplomat Iran dari negara menyusul serangan terhadap kedutaan besarnya di Teheran untuk memprotes eksekusi ‘seorang ulama Syiah terkemuka oleh Saudi. Langkah ini menandai krisis terburuk dalam hubungan antara negara sejak akhir 1980-an.

Minyak mentah West Texas Intermediate naik 2,4 persen pada hari pertama perdagangan tahun ini setelah jatuh lebih dari 30 persen di tahun 2015. Menteri Luar Negeri Saudi Adel al-Jubei mengumumkan pengusiran diplomat Iran setelah pengunjuk rasa Iran membuat kedutaan Saudi terbakar setelah eksekusi Nimr al-Nimr, seorang kritikus kerajaan dari minoritas Syiah-nya. (sdm)

Sumber: Bloomberg