Saham Jepang Jatuh Pertama Kalinya Dalam Tiga Hari Dipimpin Sektor Asuransi

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Jepang jatuh untuk pertama kalinya dalam tiga hari terakhir, pangkas kenaikan bulanan indeks Topix. Sektor Asuransi dan saham mesin memimpin penurunan.

Indeks Topix turun 0,6 persen menjadi 1,517.29 pada 09:02 pagi di Tokyo, dengan semua kecuali satu dari kelompok industri 33 yang jatuh. Indeks tersebut ditutup pada tingkat tertinggi dalam lebih dari tujuh minggu di hari rabu kemarin karena spekulasi yang berkembang bahwa bank sentral akan meningkatkan pelonggaran moneter setelah data perdagangan yang lebih lemah dari perkiraan. Indeks Nikkei 225 Stock Average turun 0,6 persen menjadi 18,446.94. Yen diperdagangkan pada 119,87 per dolar setelah melemah selama lima hari.

Indeks berjangka pada indeks Standard & Poor 500 naik 0,1 persen setelah indeks tersebut turun sebesar 0,6 persen pada hari Rabu kemarin.

Saham di seluruh dunia telah menguat sepanjang Oktober, telah pulih lebih dari $ 4 triliun nilai pasar ekuitas global, di tengah meningkatnya kepercayaan bahwa AS tidak akan menaikkan suku bunga tahun ini. Hal tersebut terjadi setelah volatilitas kuartal lalu yang dipicu oleh keputusan mengejutkan China pada bulan Agustus untuk mendevaluasi yuan. Indeks Topix naik 8,2 persen pada Oktober di penutupan Rabu kemarin, mengembalikan saham tersebut di jalur untuk kenaikan bulanan terbesarnya sejak April 2013.(mrv)

Sumber: Bloomberg