Saham Jepang Jatuh pasca Stimulus ECB Gagal Dorong Aset Risiko

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Jepang jatuh, dengan indeks Topix menuju penurunan mingguan pertama dalam tiga minggu, setelah keputusan Bank Sentral Eropa untuk meningkatkan stimulus mengecewakan investor.

Topix kehilangan 1,2 persen ke level 1,336.17 pada pukul 09:01 pagi waktu Tokyo, dengan sekitar enam saham turun untuk setiap satu yang naik. Indeks itu sedang menuju penurunan 2,8 persen minggu ini setelah melompat 15 persen selama tiga minggu sebelumnya. Nikkei 225 Stock Average turun 1,4 persen ke level 16,624.69 pada hari Jumat. Saham di Eropa turun setelah langkah bank sentral untuk membawa biaya pinjaman ke rekor terendah, menambah pembelian aset dan menawarkan pinjaman subsidi kepada para pemberi pinjaman gagal untuk mendorong keuntungan ekuitas.

Stoxx Eropa 600 Indeks kehilangan 1,7 persen pada Kamis seiring investor melihat langkah-langkah terdahulu stimulus EBC dan bukan terfokus pada kekhawatiran para pembuat kebijakan moneter telah kehilangan potensi mereka saat datang untuk mendorong ekonomi global. (Sdm)

Sumber: Bloomberg