Saham Jepang Jatuh dari Level 11 Minggu Tertinggi

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Jepang jatuh dari level tertinggi dalam 11 minggu terakhir, mengikuti penurunan di pasar saham global, seiring para investor mengkaji laporan laba pada perusahaan Bridgestone Corp ke Jepang Display Inc dan OECD yang memangkas perkiraan ekonomi global.

Indeks Topix turun 0,9 % ke level 1,576.37 pada pukul 09:01 pagi waktu Tokyo, setelah sebelumnya menguat selama 4 hari sebesar 4,2 %. Indeks Standard & Poor 500 merosot tajam dalam lebih dari sebulan terakhir pada hari Senin karena para investor global terus menyesuaikan diri dengan kemungkinan kenaikan suku bunga AS pada tahun ini sedangkan Bank of Japan (BOJ) mengadakan pelonggaran moneter yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Bridgestone memangkas proyeksi labanya dan Jepang Display melaporkan laba perusahaan yang diperkirakan di bawah estimasi analis. Sebanyak 51 % dari perusahaan yang telah melaporkan laba perusahaan musim ini melampaui perkiraan, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Indeks Nikkei 225 Stock Average turun 0,9 % ke level 19,464.81.

Output dunia diperluas 2,9 % pada tahun 2015 dan 3,3 % di tahun 2016, turun dari 3 % dan 3,6 % yang diperkirakan pada bulan September, Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan mengatakan dalam sebuah laporan semi-tahunan yang dirilis hari Senin. (knc)

Sumber : Bloomberg