RifanFinancindo ~ Saham Jepang Fluktuatif Jelang Kebijakan BOJ

RIFANFINANCINDO

RIFANFINANCINDO

RIFANFINANCINDO – Saham Tokyo berayun di antara keuntungan dan kerugian, dengan produsen besi dan baja jatuh, sementara saham keuangan naik, seiring menguatnya yen sebelum keputusan Bank of Japan terkait penambahan stimulus.

Indeks Topix turun 0,1 persen ke level 1,306.31 pada pukul 09:12 pagi waktu Tokyo setelah naik 0,2 persen. Nikkei 225 Stock Average sedikit berubah. Yen menguat 0,5 persen ke level 104,74 per dolar. BOJ membuat keputusan pada kebijakan moneter Jumat ini di salah satu pengumuman yang paling sangat diantisipasi dalam beberapa bulan terakhir.

Setiap keputusan kemungkinan untuk menggerakkan pasar, dengan pertanyaan besar apakah Gubernur Haruhiko Kuroda akan memilih untuk melakukan stimulus lebih atau justru mengecewakan pasar. Mayoritas ekonom yang disurvei Bloomberg memperkirakan bank sentral untuk menambah rekor program pelonggaran kebijakannya

Saham Asia Berfluktuasi seiring Investor Tunggu Keputusan BOJ

Saham Asia fluktuatif menyusul penguatan yen di perdagangan yang volatile sebelum keputusan kebijakan Bank of Jepang hari ini.

MSCI Asia Pacific Index menguat 0,1 persen ke level 134,97 pada pukul 09:06 pagi waktu Tokyo, setelah melemah 0,1 persen. Indeks itu sedang menuju kenaikan mingguan ketiga, yang mengangkat kenaikan bulanan menjadi 4,7 persen. Indeks Topix naik 0,2 persen bahkan meskipun yen menguat 0,5 persen. Saham Jepang berfluktuasi minggu ini menjelang keputusan bank sentral. BOJ diperkirakan akan menambah stimulus pada akhir pertemuan dua hari nya.

32 dari 41 analis dalam survei Bloomberg memperkirakan bahwa BOJ akan menambah program stimulus rekor nya pada pertemuan tersebut. Pemerintahan Perdana Menteri Shinzo Abe menambahkan tekanan pada hari Rabu menyusul Kyodo News mengutip berita mengenai paket stimulus fiskal yang berjumlaj lebih dari 28 triliun yen ($ 267 miliar) akan dikompilasi minggu depan.
Dolar rebound menguat tajam terhadap yen di perdagangan Kamis sore menyusul laporan bahwa pemerintah Jepang menekan Bank of Japan untuk memperkuat upaya stimulus.

Greenback mencapai level 105,44 yen pada Kamis malam di New York setelah Reuters melaporkan bahwa Kementerian Keuangan Jepang melobi keras untuk BOJ supaya melakukan pelonggaran kebijakan lebih lanjut. Sebagai perbandingan, dolar diperjualbelikan di level 105,15 pada hari Rabu malam.

BOJ sudah secara luas diharapkan untuk menambah program stimulus setelah penutupan pertemuan kebijakan bulan Juli selama dua hari. Pengumuman ini diharapkan di akhir Kamis, waktu New York.

Sumber : Bloomberg

( RIFANFINANCINDO )

RIFANFINANCINDO