Saham Jepang Dibuka Melemah Seiring Investor Kaji Batas Waktu Yunani

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Saham Jepang turun seiring para investor menilai penurunan pada ekuitas China dan ultimatum dari para pemimpin Eropa bahwa mereka akan memaksa Yunani keluar dari serikat mata uang jika batas waktu hingga hari Minggu tidak terpenuhi.

Indeks Topix turun 0,4 % ke level 1,631.12 pada pukul 09:01 pagi waktu Tokyo, dengan semua kelompok industri kecuali 7 dari 33 kelompok industri mengalami pelemahan. Sedangkan Indeks Nikkei 225 Stock Average merosot 0,4 % ke level 20,287.11.

Saham China mengalami penurunan terbesarnya sejak tahun 1992 silam terkait investor memanfaatkan keluar pasar meskipun langkah-langkah pemerintah yang bertujuan untuk membalikkan penurunan. Yunani memiliki waktu selama 5 hari ke depan untuk mengajukan satu set proposal reformasi baru yang diperlukan untuk mendapatkan dana bantuan bailout lebih lanjut dan memberikan dampak kemerosotan pada perekonomian negara tersebut. Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker mengatakan skenario untuk Yunani keluar kawasan euro telah disiapkan. (knc)

Sumber : Bloomberg