Saham Jepang Bersiap Raih Gain

RIFANFINANCINDO

RIFANFINANCINDO

RIFANFINANCINDO – Bursa Jepang naik, dengan indeks saham acuan bersiap untuk menghapus kerugian bulanannya, setelah yen tetap melemah untuk hari kelima pada taruhan Federal Reserve akan bergerak untuk menaikkan suku bunga tahun ini.

Saham bank dan pembuat mesin memimpin kenaikan di indeks Topix pada istirahat perdagangan di Tokyo, menempatkan indeks berada pada jalur untuk kenaikan 0,2 persen pada bulan Agustus, sementara yen sudah jatuh 0,9 persen terhadap dolar bulan ini. Topix bertambah 0,9% ke level 1,325.01, sementara Nikkei 225 menguat 0,8% ke 16,857.07. Untuk perdagangan mata uang, Yen-Dollar sedikit berubah di level 102,98.

Wakil Ketua Fed Stanley Fischer hari Selasa mengatakan bahwa setiap kenaikan suku bunga akan tergantung data, menyusul pernyataan pekan lalu dari Ketua Fed Janet Yellen bahwa kasus untuk pengetatan kebijakan moneter telah menguat. Pedagang melihat di kemungkinan 59 persen untuk kenaikan suku bunga AS pada bulan Desember di pasar berjangka, naik dari 36 persen pada awal bulan.

Dengan keuntungan hari ini, indeks Topix berada di jalur untuk kenaikan bulanan pertama pada bulan Agustus dalam tujuh tahun. Sekitar dua saham naik untuk setiap satu yang jatuh pada indeks saham, dengan semua kecuali enam sektor dari 33 sektor industri yang ada di indeks ini meraih penguatan. Volume pada indeks yakni 10 persen lebih tinggi dari rata-rata intraday 30-hari, setelah minggu perdagangan yang tenang. (Bloomberg)

Nikkei ditutup di level penutupan tertinggi 2-minggu terkait Yen

Saham Jepang naik pada hari Rabu, dipimpin oleh saham eksportir dan keuangan seiring semakin kokohnya dolar terhadap yen dan optimisme terhadap data kepercayaan konsumen AS mengangkat ekspektasi kenaikan suku bunga AS dalam jangka dekat.

Nikkei naik 1,0 persen untuk berakhir di level 16,887.40. Itu merupakan level penutupan tertinggi sejak 12 Agustus. Indeks acuan ini meraih kenaikan 1,9 persen bulan ini.

Indeks Topix naik 1,3 persen ke level dekat penutupan tertinggi dalam enam minggu untuk mengakhiri hari di level 1,329.54, dengan 2.089 miliar saham berpindah tangan, yang tertinggi sejak 8 Agustus.

Omset yakni sebesar ? 2205 miliar, yang tercatat sebagai omset tertinggi sejak 9 Agustus.

The JPX-Indeks Nikkei 400 menguat 1,3 persen untuk mengakhir hari di level 11,967.56. (reuters)

China H Shares Bersiap Raih Gain Bulanan Terbaik di antara Rekan Globalnya

Indeks yang mengukur saham Cina di Hong Kong menuju kenaikan bulanan terbesar di antara rekan-rekan global seiring Bank of China Ltd untuk Ping An Insurance (Group) Co melaporkan pendapatan yang lebih baik dari estimasi dan investor berspekulasi bank sentral akan terus menambah stimulus.

Hang Seng Index China Enterprises naik 7 persen pada bulan Agustus, yang tertinggi di antara 94 indeks acuan ekuitas dilacak oleh Bloomberg. Bank dan asuransi memimpin kenaikan, dengan Industrial & Commercial Bank of China Ltd melonjak 14 persen, sedangkan saham pembuat mobil menurun. Indeks itu sedikit berubah pada pukul 10:06 hari Rabu, bersama dengan Shanghai Composite Index, yang bersiap untuk kenaikan bulanan ketiga berturut-turut.

Dengan musim laporan pendapatan China yang sudah hampir berakhir, 71 persen dari laporan keuangan perusahaan yang termasuk dalam indeks H-share berhasil mengalahkan perkiraan pendapatannya, dan 55 persen melebihi perkiraan penjualan. Namun, perlambatan ekonomi nasional membebani laba, dengan para analis memproyeksikan laba bersih pada saham anggota akan turun 14 persen dalam kuartal saat ini. Rally ekuitas tersandung di paruh kedua Agustus di tengah kekhawatiran biaya pinjaman yang lebih tinggi di AS akan memperbaharui tekanan pada yuan dan pasar properti Hong Kong.

Hang Seng Index China Enterprises turun 0,2 persen ke level 9,580.57, sementara indeks komposit Shanghai turun 0,3 persen, sehingga memangkas gain bulan ini menjadi 3 persen. Saham properti di daratan melonjak 11 persen pada bulan Agustus setelah pembelian saham oleh China Evergrande Grup memicu optimisme untuk merger berikutnya dan harga rumah di kota-kota terbesar naik. Shenzhen Composite Index naik 4 persen, didukung oleh persetujuan link perdagangan valuta dengan Hong Kong. (Bloomberg)

RIFANFINANCINDO