Saham Jepang Berfluktuasi Setelah Penguatan Yen

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Jepang berfluktuasi, setelah dua hari alami reli terbaik untuk Indeks Topix sejak tahun 2008 lalu seiring yen terhadap prospek laba bagi eksportir dan laporan yang menunjukkan pesanan mesin menurun melebihi yang diharapkan karena menyusutnya perekonomian.

Indeks Topix diperdagangkan 0,3 % lebih tinggi berada di level 1,300.81 pada pukul 09:07 pagi waktu Tokyo, berayun dari penurunan 0,2 % setelah indeks acuan melonjak 8,4 % dalam dua hari terakhir. Indeks Nikkei 225 Stock Average menguat 0,2 % ke level 16,092.79. Sementara itu, Yen diperdagangkan pada level 114,23 per dolar setelah penguatan kemarin untuk pertama kalinya dalam tiga hari terakhir. Saham AS catat gain terbesar selama dua hari di lebih dari lima bulan terakhir terkait perdagangan dibuka kembali pasca liburan.

Saham global rally selama tiga hari terakhir setelah kehilangan dana lebih dari $ 8 triliun untuk nilai ekuitas sejak awal tahun ini di tengah kekhawatiran pertumbuhan ekonomi terbesar di dunia lebih lemah dari perkiraan. Kemarin, minyak mentah bergerak menurun di tengah spekulasi bahwa perjanjian oleh kedua negara penghasil minyak terbesar untuk membekukan output tidak akan berhasil dalam menanggulangi surplus global. (knc)

Sumber : Bloomberg