Saham Jepang Labil, Saham Produsen Mobil Naik

RIFAN FINANCINDO

RIFAN FINANCINDO

RIFAN FINANCINDO – Saham Jepang berayun di antara keuntungan dan kerugian seiring investor menimbang data ekonomi dan berspekulasi pada waktu kenaikan suku bunga AS.

Topix menghapus kerugian sebelumnya sebanyak 0,4 persen pada istirahat perdagangan, seiring saham pembuat mobil naik menyusul penurunan 0,2 persen yen terhadap dolar. Topix menguat 0,1% ke level 1,314.50 sedangkan Nikkei 225 sedikit berubah di level 16,743.32. Sementara itu, Yen-Dollar melemah ke level 102,17

Saham telekomunikasi dan kereta api menjadi penggerak terbesar di indeks acuan ekuitas. Indeks Topix melonjak pada hari Senin menyusul pernyataan Ketua Federal Reserve Janet Yellen yang mengatakan bahwa kasus untuk kenaikan suku bunga telah menguat dalam beberapa bulan terakhir. Laporan menunjukkan penjualan ritel dan belanja rumah tangga Jepang jatuh, sementara investor menunggu data ekonomi AS yang dijadwalkan dirilis minggu ini, termasuk pada data manufaktur dan gaji AS.

Pembuat mobil Jepang, yang telah turun sebanyak 34 persen tahun ini seiring eksportir terkena dampak terbesar oleh penguatan yen, berada di antara pemenang terbesar terkait pertemuan akhir pekan para gubernur bank sentral di Jackson Hole. Saham mobil di Topix diperdagangkan pada level tertinggi sejak akhir April, seiring harapan untuk kenaikan suku bunga AS telah mengirim yen melemah tajam.

Saham Hong Kong Menguat Berkat Kenaikan Saham Bank Cina

Saham Hong Kong naik seiring Industrial & Commercial Bank of China Ltd dan Bank of China Ltd meraih gain sebelum merilis laporan laba mereka. China Southern Airlines Co memimpin penurunan di sektor operator pesawat terbang setelah melaporkan laba yang lebih rendah dari perkiraan.

Indeks Hang Seng naik 0,5 persen pada pukul 10:29 pagi waktu setempat, membuat kenaikan bulan ini menjadi 4,7 persen. ICBC menuju bulan terbaik sejak April tahun lalu, sementara Bank of China bersiap untuk kenaikan harian terbesar dalam dua minggu. China Southern anjlok lebih dari 7 persen, sementara China Eastern Airlines Corp meraih penurunan tertajam dalam dua bulan. Shanghai Composite Index sedikit berubah untuk hari ketiga berturut-turut.

Saham Hong Kong telah naik pada bulan Agustus seiring pasar properti di kota ini mulai stabil dan pendapatan perusahaan dari Tencent Holdings Ltd sampai HSBC Holdings Plc berhasil mengalahkan perkiraan. Keuntungan telah mereda dalam dua minggu terakhir di tengah peningkatan probabilitas kenaikan suku bunga AS tahun ini dan data yang menunjukkan ekonomi China tersendat pada bulan Juli. Penjualan ritel kota telah jatuh untuk bulan ke-17 berturut-turut, menurut angka yang dirilis Senin.

Indeks Hang Seng terakhir diperdagangkan di level 22,936.82 pada volume 13 persen di bawah rata-rata 30-hari. Hang Seng Index China Enterprises naik 0,6 persen. Shanghai Composite Index menguat 0,1 persen, dengan indeks volatilitas 10-hari jatuh ke level terendah dua tahun. Indeks acuan ekuitas China naik 3,1 persen pada bulan Agustus.

Air China Ltd, Baoshan Iron & Steel Co dan China Railway Group Ltd merupakan salah tiga di antara perusahaan yang akan merilis laporan pendapatan hari ini. (sdm)

Sumber: Bloomberg

RIFAN FINANCINDO