Saham Jepang Berfluktuasi Ditengah Volume Rendah Pada Sesi 1

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Jepang berayun antara naik dan turun karena investor mengkaji prospek stimulus ekonomi di China. Perusahaan Maskapai memimpin kenaikan dan produsen kertas turun.

Indeks Topix naik dengan 0,1% menjadi 1,533.15 pada sesi istirahat di Tokyo, berayun dari penurunan 0,3%. Volume adalah sekitar 7% di bawah 30-hari rata-rata intraday. Indeks Nikkei 225 Stock Average tergelincir 0,1% menjadi 18,892.81. Minyak mentah Brent merosot ke harga terendah sejak pertengahan tahun 2004, sementara harga logam pulih setelah China mengisyaratkan mungkin meningkatkan stimulusnya guna mendukung pertumbuhan. Pasar saham Jepang akan ditutup Rabu untuk hari libur nasional.

Produsen komponen elektronik Mitsumi Electric Co melonjak 9,9%, naik untuk hari kedua, setelah mengumumkan rencananya untuk bergabung dengan Minebea Co pada 2017 mendatang. Saham Minebea turun 3,1%.

Perusahaan farmasi mencatat gain. Eisai Co naik 1,3% setelah Goldman Sachs Group Inc menaikkan peringkat. PeptiDream Inc melonjak 5,2% setelah mengumumkan kerjasama penelitian dengan Genentech Inc

McDonald Holdings Co Ltd Jepang anjlok 5% setelah Nikkei melaporkan perusahaan induk AS tersebut sedang mempertimbangkan menjual sebanyak sepertiga dari unit sahamnya di Jepang.

Toshiba Corp turun 10%, membawa dua hari penurunan hingga 20%, setelah memperkirakan kerugian bersih ke rekornya sebesar 550 miliar yen untuk tahun fiskal berjalan.(yds)

Sumber: Bloomberg