Saham Jepang Berayun Setelah Reli Dua Harinya, Yen Menguat

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Jepang berfluktuasi setelah dua hari mencatat reli karena penguatan yen meredam prospek pendapatan ekspor, sementara pemulihan harga minyak mendorong saham bebasis komoditas.

Indeks Topix naik 0,1% menjadi 1,350.95 pada 09:07 pagi di Tokyo, berayun dari penurunan 0,1%, setelah Indeks melonjak pada Rabu ke level tertinggi satu bulan. Nikkei 225 Stock Average kehilangan 0,1% menjadi 16,730.29. Yen diperdagangkan pada 113,50 per dolar setelah naik 0,5% pada hari Rabu. Minyak ditutup pada level tertinggi dalam hampir dua bulan di New York.

Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ Ltd, Sumitomo Mitsui Banking Corp dan Mizuho Bank Ltd semua melihat yen mengakhiri tahun dengan lebih kuat dibandingkan awal tahun ini. Dan ketiga telah direvisi naik perkiraan di 2016 karena yen menguat 6,7% dalam dua bulan pertama di tahun ini.

Kontrak pada indeks Standard & Poor 500 tergelincir 0,2%. Indeks ekuitas utama naik 0,4% kemarin, melanjutkan level tertinggi delapan pekan, dengan bank-bank dan saham energi menguat untuk hari kedua seiring membaiknya data yang mendorong optimisme terhadap perekonomian.(yds)

Sumber: Bloomberg