Saham Hong Kong Terperosok ke Level Tiga Tahun Terendah

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham-saham Hong Kong jatuh ke level terendah dalam tiga tahun seiring gejolak yang semakin dalam pada ekuitas global.

Indeks Hang Seng turun 0,9 persen ke level 18,372.00 pada pukul 09:34 pagi waktu setempat, dengan dua saham jatuh untuk setiap satu yang naik. HSBC Holdings Plc merupakan hambatan terbesar pada indeks ini seiring perusahaan ini jatuh ke posisi terendah enam tahun. CNOOC Ltd memimpin kenaikan bersama produsen energi setelah minyak mentah rebound dari level terendah 12-tahun. Hang Seng Index China Enterprises turun 0,6 persen.

Saham-saham Hong Kong jatuh dan merasakan awal terburuk mereka untuk tahun baru lunar sejak tahun 1994 pada hari Kamis pasca dibuka kembalinya pasar setelah libur perdagangan selama tiga hari. Indeks Hang Seng telah jatuh 16 persen tahun ini di tengah kekhawatiran bahwa arus keluar modal, pasar properti merosot dan perlambatan ekonomi China akan merugikan pendapatan, sementara indeks H-share diperdagangkan pada level terendah dalam enam tahun. Pasar Cina daratan melanjutkan perdagangan pada hari Senin setelah istirahat selama seminggu.

Rasio price-to-book indeks Hang Seng jatuh di bawah angka satu bulan lalu, level yang terakhir terlihat pada saat krisis keuangan Asia mengguncang pasar regional dan memunculkan gelombang di properti domestik pada tahun 1998. Semua kecuali satu saham pada indeks yang beranggotakan 50-anggota itu turun tahun ini .

Minyak mentah AS reli 5,9 persen pada hari Jumat setelah jatuh di bawah $ 27 per barel , yang merupakan settlement terendah sejak Mei 2003. Angka pinjaman yuan baru Januari dan stok uang untuk China dirilis pada hari ini. (sdm)

Sumber: Bloomberg