Saham Hong Kong Merangkak Naik Pasca Rilis Data China

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Saham Hong Kong merangkak naik pada Selasa pagi ini setelah rilis data dari Indeks awal manufaktur China yang menunjukkan sedikit perbaikan dari bulan lalu.

Indeks Hang Seng naik 0,5%, sementara di antara nama-nama saham China daratan seperti, Indeks Hang Seng China Enterprises Hong Kong menguat 1,3% dan indeks shanghai composite bangkit kembali sebesar 0,3% pasca kembali dari tiga hari liburan di akhir pekan.

Sementara di Hong Kong, Bank of China Ltd melonjak 2,5% setelah pihaknya mengatakan bahwa belum menerima dokumen dakwaan resmi dari jaksa di Italia sehubungan dengan penyelidikan pencucian uang yang melibatkan kantor cabang di Milan, meskipun bank tersebut telah dikonfirmasi berkerjasama dengan penyelidikan di Italia pada tahun 2012. China Merchants Bank Co juga naik 2,4%, dengan pemberi pinjaman mengumumkan pada Senin malam rencana saham-insentif karyawan pertama, menjual sebanyak 434.8 juta saham Shanghai-terdaftar untuk karyawan. Bank-bank China lainnya juga naik secara substansial, Bank of Communications Co menguat 2,3%, China Minsheng Banking Corp naik 2%, Industri & Commercial Bank of China Ltd meningkat 1,7%, Agricultural Bank of China Ltd naik 1,5%, dan China Construction Bank Corp diperdagangkan 1% lebih tinggi.

Sementara itu, saham konstruksi kereta api mencatat reli setelah Wakil Perdana Menteri China Zhang Gaoli Senin selama kunjungannya ke Lituania bahwa China berharap untuk berpartisipasi dalam pembangunan jalur kereta api di wilayah Baltik. Juga membantu sektor tersebut untuk menandatangani China Railway Group Ltd yang baru-baru ini menerima kesepakatan dengan perusahaan milik negara Rusia JSC Russian Railways yang merancang jalur rute berkecepatan tinggi di Rusia. China Railway naik 3,1%. Demikian juga, China Communications Construction Co melonjak 3,9%, China Railway Construction Corp naik 2,3%, dan CRRC Corp meningkat sebesar 2,2%.(yds)

Sumber: MarketWatch