Saham Hong Kong Melonjak Tajam Terkait Spekulasi Link Perdagangan Shenzhen

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Bursa Hong Kong ditutup menguat, mengirim indeks acuan mencatat kenaikan terbesar dalam tiga pekan terakhir, spekulasi pengumuman pada tanggal awal link perdagangan dengan Shenzhen kian dekat.

Indeks Hang Seng melonjak sebanyak sebesar 2,4 persen sebelum pengupas keuntungan sebesar 2 persen pada penutupan perdagangan di Hong Kong. Indeks Hang SengChina Enterprises naik sebesar 1,7 persen. Saham Bursa Hong Kong & Clearing Ltd naik 5 persen.

Bursa tidak memiliki pengaturan untuk mengumumkan Shenzhen terhubung saat ini, kata Lorraine Chan, juru bicara di HKEx. Panggilan ke departemen media Bursa Efek Shenzhen pergi terjawab.

Ketua HKEx Chow Chung Kong mengatakan bulan lalu regulator bursa sedang mempersiapkan program link perdagangan Shenzhen yang akan dimulai pada semester kedua 2015 mendatang, sementara tanggal mungkin akan diumumkan pada akhir Juni ini. Link perdagangan akan memperluas akses investor asing untuk membeli saham perusahaan China yang lebih kecil, pasca program serupa telah dimulai pada bulan November lalu.

Indeks Shenzhen Composite turun sebesar 0,5 persen pada penutupan, pasca jatuh sebanyak 1,9 persen sebelumnya. Indeks Shanghai Composite Index anjlok sebesar 1,6 persen. (izr)

Sumber: Bloomberg