Saham Hong Kong & Dolar HK Terkoreksi Di Tengah Aksi Protes

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham-saham Hong Kong mengalami penurunan terbesar dalam hampir tiga minggu, dolar HK turun dan volatilitas pasar ekuitas melonjak di tengah sikap keras pihak kepolisian terhadap para demonstran sejak kota tersebut kembali ke pemerintahan China.

Indeks acuan Hang Seng turun 1,8 % ke level 23,253.23 pada pukul 1:11 siang di Hong Kong, menuju penurunan terbesar sejak 10 September, Pasca saham pengembang dan pengecer turun. Indeks volatilitas saham melonjak 19 %, siap untuk lonjakan tajam dalam tujuh bulan. Mata uang kota ini meluncur ke level terendah enam bulan dan satu tahun suku bunga swap naik ke level tertinggi dalam 15 bulan.

Ribuan demonstran pro-demokrasi tetap mendekati kantor-kantor pemerintah di distrik Admiralty setelah terjadi bentrokan dengan polisi pada akhir pekan lalu, yang menembakkan gas air mata dan semprotan merica ke kerumunan massa demonstran. Sementara itu demonstran masih memblokir jalan utama ke daerah pusat bisnis, masa tenang kembali setelah orang-orang mulai melakukan aktivitas.(frk)

Sumber : Bloomberg