Saham Eropa Naik Terkait Investor Menunggu Pembicaraan Utang Yunani

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Saham Eropa menguat seiring para investor menunggu hasil dari pembicaraan utang Yunani dan pengumuman suku bunga bulanan Bank Sentral Eropa.

Indeks Stoxx Europe 600 naik 0,2 % ke level 397,2 pada pukul 8:10 pagi waktu London. Saham tersebut turun untuk ketiga kalinya dalam 4 hari terakhir karena investor berspekulasi tentang kemungkinan Yunani mencapai kesepakatan dengan kreditur sebelum batas waktu habis dan uang.

Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras akan bertemu dengan Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker setelah kreditur menyetujui dokumen yang dirancang untuk mencegah defaultyang akan diberikan ke Yunani. Tsipras mengatakan, pemerintahnya telah mengajukan rencana baru yang bertujuan untuk mengakhiri kebuntuan.

ECB akan mengumumkan keputusan suku bunga tersebut pada pukul 01:45 siang waktu Frankfurt, dan Presiden Mario Draghi akan mengadakan konferensi pers 45 menit kemudian. Menurut ekonom yang disurvei oleh Bloomberg memperkirakan bahwa suku bunga acuan akan tetap bertahan pada rekor terendahnya sebesar 0,05 %, komentar Draghi pada program pelonggaran kuantitatif bank sentral dan Yunani cenderung menjadi fokus utama.

Di antara saham yang bergerak di berita perusahaan, saham Dufry AG naik 2,3 %. Toko operator Swiss di lokasi wisata mengatakan berencana untuk menaikkan setidaknya 2,2 miliar franc Swiss ($ 2.36 miliar) dalam penawaran saham untuk mendanai pembelian World Duty Free SpA.

Saham Dixons Carphone Plc menguat 1,4 % setelah pengecer elektronik melaporkan tingkat penjualan yang melebihi perkiraan pada kuartalan untuk Inggris dan Irlandia. (knc)

Sumber : Bloomberg