Saham Eropa Naik seiring Poling Brexit Tunjukkan Keunggulan Kubu Bertahan

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Eropa mengalami penguatan terbesar sejak Februari seiring jajak pendapat terbaru menunjukkan peningkatan jumlah warga Inggris yang menginginkan Inggris untuk tetap berada di Uni Eropa.

Stoxx Europe 600 Index melonjak 2,8 persen ke level 334,96 pada pukul 08:27 pagi waktu London untuk meraih penguatan kedua berturut-turut. Semua pasar utama di Eropa barat berada di zona hijau, dengan indeks acuan FTSE 100 Inggris naik 2,3 persen, sedangkan sterling menguat. Saham Eropa mengurangi kerugian mingguan pada hari Jumat seiring kekhawatiran tentang Brexit mereda di tengah penangguhan sementara kampanye Brexit setelah tewasnya anggota parlemen Partai Buruh Jo Cox, yang berada di kubu ?Bertahan.’

Sebuah jajak pendapat yang dirilis pada akhir pekan menunjukkan 45 persen pemilih mendukung ?Bertahan?, sementara 42 persen mendukung ?Keluar? – berbalik dari jajak pendapat awal pekan lalu saat survei menunjukkan keunggulan bagi kubu yang ingin Inggris di luar Uni Eropa. Spekulasi bet Inggris akan keluar dari uni eropa turun menjadi 31 persen dari 44 persen sebelum kematian Cox, data Oddschecker menunjukkan.

Di antara saham yang bergerak di berita perusahaan saat ini, UniCredit SpA melonjak 5,8 % setelah koran Italia Il Fatto Quotidiano melaporkan – mengutip sumber industri keuangan tak dikenal – bahwa bank kemungkinan akan menugaskan mantan menteri pemerintah Corrado Passera sebagai chief executive officer berikutnya. Banco Bilbao Vizcaya Argentaria SA naik 3,5 % setelah laporan bahwa pemberi pinjaman Spanyol mengindikasikan rencana strategis baru pada bulan Maret yang tidak dirilis ke pasar. (sdm)

Sumber: Bloomberg