Saham Eropa Memperluas Penurunan Seiring Jatuhnya Laba UBS & Commerzbank

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Eropa memperpanjang level terendahnya dalam tiga minggu terakhir, seiring para investor mengkaji laporan pendapatan oleh pemberi pinjaman yang mengecewakan.

Saham UBS Group AG turun 3,7 % setelah laba bersih pada kuartal pertama merosot, tidak sesuai dengan perkiraan analis. Saham Commerzbank AG melemah 3,5 % setelah penurunan laba lebih dari setengahnya. Saham HSBC Holdings Plc dan BNP Paribas SA menguat 2,6 % atau lebih setelah pendapatan mereka melebihi proyeksi.

Indeks Stoxx Europe 600 turun 0,4 % pada pukul 08:16 pagi waktu London. Sebuah reli di saham Eropa telah kehilangan momentum sejak mencapai level tiga bulan tertingginya pada 20 April lalu. Indeks acuan di kawasan tersebut memperpanjang kerugian setelah penguatan euro dan laba perusahaan yang bervariasi memacu penurunan mingguan terbesar sejak bulan Februari.

Investor telah berfokus pada hasil keuangan sebagai isyarat saham dalam beberapa pekan terakhir. Analis telah memangkas proyeksi laba perusahaan untuk Indeks Stoxx 600 pada tahun ini, membalikkan pertumbuhan sebelumnya yang diperkirakan akan menurun.

Di antara saham lainnya yang aktif di laporan laba, saham BMW AG turun 2,1 % setelah laba pada kuartal pertama sesuai dengan prediksi analis. Saham Aberdeen Asset Management Plc anjlok sebesar 5 % setelah keuangan manajer melaporkan arus keluar bersih senilai 7,6 miliar pound ($ 11.2 miliar) pada tiga bulan pertama tahun 2016. (knc)

Sumber : Bloomberg