Saham Eropa Jatuh, Sektor Tambang Turun

RIFAN FINANCINDO

RIFAN FINANCINDO

RIFAN FINANCINDO – Saham Eropa turun terkait pelemahan sektor pertambangan dan produsen mobil, sementara investor menilai keuntungan setelah Indeks Stoxx 600 Eropa meraih kenaikan terbaik dalam sepekan.

BHP Billiton Ltd dan Glencore Plc menyeret turun saham pertambangan menjadi salah satu pemain terburuk dari 19 kelompok industri pada Stoxx 600 karena merosotnya harga komoditas. BMW AG memimpin penurunan pada produsen mobil.

Indeks Stoxx 600 turun 0,6 persen ke 340,92 pada 08:19 pagi di London, menuju penurunan mingguan sebesar 6,8 persen. Saham naik Kamis kemarin untuk pertama kalinya dalam lima hari, rebound dari dua pekan terendahnya, di tengah data AS yang lebih baik dari perkiraan dan keyakinan bahwa kebijakan bank sentral yang akomodatif akan membantu mendukung pertumbuhan ekonomi. Volume saham yang di perdagangkan hari ini adalah 19 persen lebih rendah dari rata-rata 30-harinya.

Stoxx 600, turun 0,3 persen bulan ini di tengah perdagangan tipis, melayang di sekitar rata-rata 200-harinya dalam beberapa hari terakhir, level yang telah terbukti sulit untuk ditahan di masa lalu.(Bloomberg)

Saham China Ditutup Menguat 0,1 Persen

 

Indeks China blue-chip CSI300 melepaskan kerugian sore dan berakhir datar pada hari Jumat ini, memberikan keuntungan sebesar 2,1 persen untuk minggu ini.

Indeks CSI300, yang mengikuti perusahaan terbesar yang terdaftar di perdagangan Shanghai dan Shenzhen, berakhir di 3.365,02, sementara indeks Shanghai Composite naik 0,1 persen ke 3.108,10 pada hari Jumat.

Itu merupakan kenaikan minggu ketiga untuk CSI300. Untuk minggu ini, SSEC naik 1,9 persen, memberikannya kenaikan mingguan kedua.

Saham China daratan telah mengalami kenaikan pada awal pekan ini, dipimpin oleh saham keuangan, di tengah harapan bahwa pemerintah akan mengeluarkan stimulus lebih tahun ini untuk memenuhi target pertumbuhan ekonomi.(Reuters)

 

Tren Kenaikan Yen Terhenti, Nikkei Ditutup Sedikit Menguat

 

Rata-rata saham Nikkei Jepang naik tipis pada Jumat ini terkait tren penguatan yen yang terhenti, menenangkan investor, tapi keuntungan yang terbatas karena masih banyak yang berhati-hati jelang pertemuan global para bankir bank sentral di pekan depan.

Nikkei naik 0,4 persen ke 16,545.82. Untuk minggu ini, indeks acuan turun 2,2 persen, karena investor bergegas keluar ketika dolar turun di bawah 100 yen pekan ini.

Investor akan mencari petunjuk tentang kenaikan suku bunga AS pada pertemuan tahunan kepala bank sentral di Jackson Hole, Wyoming, minggu depan.

Indeks Topix naik 0,4 persen ke 1,295.67 Jumat ini dan indeks JPX- Nikkei 400 menguat 0,3 persen ke 11,653.93.(Reuters)

RIFAN FINANCINDO