Saham Eropa Diperdagangkan Pada Level Tertinggi 5 Pekan

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Eropa diperdagangkan pada level tertingginya sejak Januari pasca membukukan reli mingguan terpanjangnya sejak Oktober.

Indeks Stoxx Europe 600 naik 0,1% pada 08:17 pagi di London, dengan produsen energi dan penambang meningkat tajam seiring penguatan minyak.

Ekuitas Eropa reli selama tiga pekan secara beruntun, yang terpanjang sejak Oktober, setelah kekhawatiran bahwa ekonomi global sedang melambat serta penurunan di bank mengirim Stoxx 600 ke level terendah sejak September 2013. Ini kembali hampir 13 persen sampai Jumat, saat ditutup pada level tertinggi sejak 29 Januari. Indeks perusahaan diperdagangkan pada 14,8 kali estimasi laba, masih lebih rendah dari beberapa dari 16,7 yang dicapai April lalu.

Beberapa perusahaan yang bergerak di pengumuman penawaran. Old Mutual Plc melonjak 10% setelah pihaknya mengatakan untuk mempertimbangkan semua pilihan seiring bagian dari tinjauan strategis. Sky News melaporkan perusahaan asuransi sedang menyusun rencana untuk memisahakan menjadi bisnis mandiri. BASF SE tergelincir 1,3%.

Electricite de France SA anjlok 6,4% karena direktur keuangannya mundur menyusul perselisihan dengan kepala eksekutif perusahaan tersebut. Just Eat Plc kehilangan 6,2% setelah pihaknya mengatakan manajer di perusahaan tersebut menjual sebagian unit sahamnya.(yds)

Sumber: Bloomberg