Saham di Tokyo Jepang Naik untuk Hari Kedua

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Jepang naik untuk hari kedua, memperpanjang kenaikan terbesar dalam Indeks Topix selama lebih dari 7 tahun terakhir, memimpin rebound pada ekuitas global. Saham SoftBank Group Corp melonjak melebihi batasnya setelah mengumumkan pembelian kembali sahamnya.

Indeks Topix naik 1,2 % ke level 1,307.23 pada istirahat perdagangan di Tokyo, berayun dari kerugian awal sebesar 1,2 %. Indeks tersebut kemarin menguat 8 %. Indeks Nikkei 225 Stock Average meningkat 1 % ke level 16,166.84. Sementara itu, Yen diperdagangkan pada level 114,68 per dolar setelah melemah selama dua hari di tengah menurunnya permintaan untuk aset haven. Saham-saham di Eropa kemarin mengikuti ekuitas Jepang, membukukan kenaikan terbesar mereka selama dua hari di lebih dari 4 tahun terakhir, sedangkan pasar saham AS ditutup untuk liburan.

Indeks Topix telah berayun lebih dari 3 poin persentase intraday di masing-masing lima sesi terakhir, dua kali berakhir dengan lebih dari 5 %. Sepuluh hari volatilitas untuk Indeks Topix dekati level tertinggi sejak Maret 2011. (knc)

Sumber : Bloomberg