Saham Cina Dibuka Lebih Rendah seiring Regulator Masih Berusaha Yakinkan Investor

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham China dibuka lebih rendah seiring regulator masih mencoba untuk meyakinkan investor setelah penurunan kemarin yang membuat diberhentikannya perdagangan dalam ekuitas nasional, berjangka dan opsi.

CSI 300 turun sebanyak 2,7 persen dalam pembuakaan perdagangan sebelum menghapus penurunan. Perdagangan dihentikan pada sekitar pukul 01:34 siang waktu setempat pada hari Senin setelah indeks turun 7 persen. Circuit breaker memainkan peran penting dalam menstabilkan pasar, dan China akan terus meningkatkan sistem, juru bicara China Securities Regulatory Commission Deng Ge mengatakan dalam sebuah pernyataan hari ini. Shanghai Composite Index turun 0,4 persen, sedangkan Hang Seng China Enterprises Index naik 0,3 persen.

Pasar saham terbesar kedua di dunia ini memulai tahun dalam penurunan setelah data menunjukkan manufaktur berkontraksi untuk bulan kelima berturut-turut dan investor berspekulasi bahwa akhir dari larangan penjualan saham oleh para pemangku kepentingan utama mungkin akan dilakukan minggu ini. Deng mengatakan regulator sedang mempelajari cara-cara untuk mengendalikan laju penjualan saat pembatasan dicabut. Pembuat kebijakan Cina, yang membuat keputusan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk menopang harga saham selama kekalahan musim panas, mencoba untuk mencegah volatilitas pasar keuangan dari pembebanan pada ekonomi yang bersiap tumbuh pada kecepatan terlemah tahunan sejak tahun 1990. (sdm)

Sumber: Bloomberg