Saham China Turun Hari Kedua Ditengah Kekhwatiran IPO

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Saham China jatuh hari kedua, dipimpin oleh perusahaan komoditas dan finansial, ditengah kekhawatiran meningkatnya penjualan saham baru akan memikat dana dari ekuitas yang ada.

Aluminum Corp of China Ltd mundur 4,9% setelah melonjak 23% pekan lalu. China Merchants Securities Co menuju penurunan tertajam dalam empat bulan seiring perusahaan pialang tersebut tergelincir. Indeks ChiNext perusahaan kecil reli sebesar 2,7% di Shenzhen.

Indeks Shanghai Composite turun 0,6% menjadi 4,283.29 pada 09:37 pagi, naik 1,6% penurunan pada Jumat. Dua puluh perusahaan dijadwalkan untuk menjual saham penawaran umum perdana (IPO) dari Selasa hingga Kamis, yang dapat membekukan senilai 2,8 triliun yuan ($ 451.1 milyar) berdasarkan estimasi rata-rata dari survei Bloomberg.

Indeks Shanghai Composite telah naik sebanyak 111% selama tahun lalu ditengah spekulasi pemerintah akan mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mempercepat merger perusahaan milik negara. Indeks itu bernilai 16,6 kali 12 bulan diproyeksikan laba, dibandingkan dengan rata-rata lima tahun dari 10,2, menurut data yang dihimpun oleh Bloomberg.(yds)

Sumber: Bloomberg