Saham China Rebound Pasca Penurunan Besar dalam Tiga Bulan

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Saham China rebound dari penurunan terbesar dalam tiga bulan terakhir karena tumbuhnya spekulasi bahwa pemerintah akan berbuat lebih banyak untuk mendukung ekonomi dan kantor berita resmi Xinhua mengatakan pasar bull pasar ekuitas China tidak berlebih.

Indeks Shanghai Composite naik 1,2 persen ke level 4.348 pukul 10:58, menuju kenaikan terbesar dalam sepekan terakhir. Indeks anjlok sebesar 4,1 persen pada Selasa. Penurunan itu bukan akhir dari pasar bull dan malah bisa membantu ekuitas memasuki “slow bull” mode dianjurkan oleh regulator bursa, Xinhua mengatakan dalam sebuah komentar.

Indeks CSI 300 naik sebesar 1,7 persen. INdeks Hang Seng Hong Kong China Enterprises Kong menguat sebesar 1,6 persen, sedangkan indeks Hang Seng menguat sebesar 0,7 persen. Indeks Ekuitas Bloomberg China-AS anjlok sebesar 2,4 persen di New York kemarin.

Indeks Shanghai Composite telah rally sebesar 115 persen selama tahun lalu, yang paling tertingg di antara indeks global utama, di tengah harapan pemerintah akan memperpanjang pemotongan suku bunga dan mempercepat merger dari perusahaan milik negara untuk meningkatkan perekonomian. Indeks tersebut bernilai 16,6 kali dalam 12 bulan memproyeksikan laba, dibandingkan dengan rata-rata lima tahun dari 10,2, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. (izr)

Sumber: Bloomberg