Saham China naik terkait isyarat kebijakan dari pertemuan parlemen, hang seng menguat

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham China naik pada awal perdagangan hari Senin, memperpanjang keuntungan yang kuat selama empat sesi terakhir, seiring investor bereaksi positif terhadap pernyataan dari para pemimpin Cina pada sidang parlemen tahunan selama akhir pekan.

Bursa saham Hong Kong juga memiliki awal yang positif untuk minggu ini, dibantu oleh suasana optimis di wilayah tersebut, mengikuti keuntungan di pasar AS dan Eropa Jumat silam, dan terus reboundnya harga minyak dan komoditas.

Indeks CSI300 naik 0,6 persen ke level 3,113.50 poin, sementara indeks komposit Shanghai naik 0,7 persen ke level 2,895.25 poin.

Indeks Hang Seng di Hong Kong naik 0,3 persen, ke level 20,239.77 poin.

Perencana utama ekonomi China mengatakan pada hari Minggu bahwa perekonomian negara itu tidak menuju pendaratan keras dan tidak menyeret ekonomi global, namun ketidakpastian dan ketidakstabilan ekonomi global memang menimbulkan risiko bagi pertumbuhan.

Beijing telah menetapkan target pertumbuhan 6,5 persen menjadi 7 persen untuk tahun ini, dan bertujuan untuk menjalankan defisit setara fiskal sampai 3 persen dari PDB, naik dari target tahun sebelumnya sebesar 2,3 persen.

Start-up papan atas China ChiNext melonjak lebih dari 3 persen pada awal perdagangan, pulih dari kerugian tajam hari Jumat, setelah Beijing menjelaskan visinya selama akhir pekan untuk menjadi kekuatan teknologi selama lima tahun ke depan. (sdm)

Sumber: reuters