Saham China Naik seiring Saham Perusahaan Kecil Meraih Kenaikan Tertinggi dalam 2 Bulan

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham China naik, dengan indeks saham perusahaan kecil meraih kenaikan terbesar dalam dua bulan, dengan reli yang luas saham cina setelah para pejabat Federal Reserve AS menurunkan proyeksi mereka untuk kenaikan suku bunga.

Shanghai Composite Index naik 1,2 persen, dipimpin oleh perusahaan teknologi. Indeks ChiNext di Shenzhen melonjak 5,6 persen, sedangkan indeks Cina selatan kota naik ke level tiga minggu tertinggi. Lebih dari 1.000 saham di indeks Shanghai meraih kenaikan dengan hanya 29 saham yang turun, termasuk Industrial & Commercial Bank of China Ltd dan PetroChina Co, yang lama dianggap sebagai target pembelian pemerintah seiring bobot yang besar indeks tersebut. Yuan jatuh ke level 15-bulan terendah terhadap mata uang lainnya pada keranjang.

Shanghai Composite naik hampir 8,1 persen bulan ini di tengah pembelian yang diduga didukung oleh dana negara di beberapa perusahaan terbesar di negara itu selama Kongres Rakyat Nasional. Perdana Menteri Li Keqiang mengatakan pada penutupan NPC Rabu China bahwa mereka akan berusaha untuk memulai hubungan saham-perdagangan antara Shenzhen dan Hong Kong tahun ini. Shenzhen Composite Index akan mengalahkan sebagian besar rekan-rekan global pada akhir tahun ini dan atas semua indeks-indeks lain dalam tiga sampai lima tahun ke depan, kata Jordi Visser. (sdm)

Sumber: Bloomberg