Saham China Naik jelang Data Ekspor seiring Penguatan Saham Energi

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham China naik ke level tertinggi tiga bulan, dengan perusahaan-perusahaan energi memimpin kenaikan sebelum rilis data perdagangan bulan Maret yang diperkirakan akan menunjukkan peningkatan ekspor nasional.

Shanghai Composite Index naik 1,1 persen. PetroChina Co meraup keuntungan bagi produsen minyak setelah harga minyak mentah AS naik dalam tiga hari sebelumnya. Angka yang akan dirilis oleh kantor pabean China pada pukul 10:00 waktu setempat mungkin akan menunjukkan pengiriman luar negeri meningkat dari tahun sebelumnya untuk pertama kalinya dalam sembilan bulan, menurut survei Bloomberg.

Data perdagangan datang di tengah meningkatnya tanda-tanda pemulihan ekonomi akhir-akhir ini, termasuk peningkatan keuntungan industri setelah tujuh bulan mengalami kerugian dan aktivitas pabrik yang lebih baik dari perkiraan serta cadangan valuta asing. Shanghai Composite kembali pulih 14 persen dari level terendah Januari sampai hari Selasa dengan harapan bahwa ekonomi di negara tirai bamboo ini telah stabil, dengan indeks 30-hari volatilitas mencapai posisi terendah satu tahun.

Indeks ekuitas Shanghai diperdagangkan pada level 3,055.58 pada pukul 09:36 pagi waktu setempat. CSI 300 Index naik 1 persen dan Hang Seng China Enterprises Index Hong Kong menguat 1,5 persen. (sdm)

Sumber: bloomberg