Saham China jatuh 1 persen terkait Brexit

RIFANFINANCINDOBERJANGKARIFANFINANCINDOBERJANGKA – Saham China jatuh lebih dari 1 persen pada hari Jumat seiring rakyat Inggris memilih untuk meninggalkan Uni Eropa yang berimbas pada bergolaknya pasar keuangan global, namun kontrol modal yang ketat di negara itu menahan penjualan berat yang menghantam pasar Asia lainnya.

Kedua indeks, baik blue-chip CSI300 dan Indeks Komposit Shanghai ditutup turun 1,3 persen ke level 3,077.16 dan 2,854.29 poin, masing-masing. Untuk minggu ini, kedua indeks kehilangan 1,1 persen.

Hasil voting Brexit memukul ekuitas di seluruh dunia, mendorong investor untuk berebut masuk ke aset safe haven seperti utang pemerintah, yen Jepang dan emas.

Namun reaksi dari investor China relatif tenang, dengan beberapa investor tampaknya mengambil keuntungan dari kepanikan untuk bargain hunting.

Shenzhen ChiNext merosot lebih dari 3 persen, tetapi mengakhiri sesi dengan datar.

Bank Rakyat China telah memangkas suku bunga sebanyak enam kali dan juga berulang kali menurunkan persyaratan cadangan bank sejak akhir 2014 dalam upaya untuk menopang perekonomian, sementara pemerintah telah menggenjot belanja fiskal, terutama pada proyek-proyek infrastruktur. (sdm)

Sumber: reuters