Saham China Ditutup pada Kenaikan Mingguan Kedua

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham China ditutup pada kenaikan mingguan kedua, dipimpin oleh perusahaan real estate dan konsumen, di tengah spekulasi bahwa pemerintah akan mengambil langkah-langkah lebih untuk menopang perlambatan ekonomi.

Indeks Shanghai Composite naik 1,4 % selama minggu ini dan diperdagangkan 0,4 % lebih tinggi berada dilevel 3,627.91 pada penutupan perdagangan Jumat ini. Saham pengembang properti rally setelah pemerintah mengatakan akan mendorong penduduk pedesaan untuk membeli rumah guna mengurangi persediaan dan penawaran untuk mengangkat saham China Vanke Co. Saham Gree Electric Appliance Inc melonjak 10 % dalam 5 hari terakhir. Volume perdagangan di Shanghai sebesar 26 % lebih rendah pada hari Jumat dari rata-rata 30-hari seiring mayoritas pasar saham Asia ditutup untuk liburan Natal.

Dengan perekonomian bersiap untuk tumbuh di laju paling lambat dalam dua dekade terakhir, para pembuat kebijakan mengisyaratkan pada konferensi kepemimpinan puncaknya pada minggu ini yang akan meningkatkan pengeluaran fiskal dan memperkenalkan langkah-langkah untuk mengangkat pasar penjualan perumahan. Pemerintah juga dapat mengungkap kebijakan untuk meningkatkan perdagangan pada awal Februari, termasuk potongan harga pada pajak ekspor dan pelonggaran dalam beban pajak eksportir, menurut laporan Economic Information Daily, tanpa mengutip siapa pun. (knc)

Sumber : Bloomberg