Saham China ditutup naik, tapi indeks Shanghai bukukan penurunan mingguan kelima

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham China mengakhiri hari dengan kenaikan pada perdagangan ringan pada hari Jumat, namun Shanghai Composite Index membukukan penurunan mingguan kelima terkait memudarnya optimisme atas prospek pertumbuhan negara dan kekhawatiran tentang kenaikan suku bunga AS.

Shanghai Composite Index naik 0,7 persen untuk mengakhiri hari di level 2,825.48 poin, namun turun 0,1 persen untuk minggu ini, mencatatkan kekalahan dalam lima minggu beruntun.

CSI300 blue-chip indeks China .CSI300 menguat 0,5 persen, ke level 3,078.22, naik 0,1 persen untuk minggu ini.

Optimisme investor yang didorong oleh data ekonomi Maret Cina yang kuat memudar dengan cepat pada tanda-tanda bahwa pemulihan kehilangan momentum pada bulan April, dan di tengah kekhawatiran bahwa para pembuat kebijakan dapat mengambil sikap yang lebih berhati-hati untuk stimulus lebih lanjut melonjaknya jumlah kerdit macet.

Beijing mendorong reformasi struktural dengan meningkatkan restrukturisasi dan penutupan pabrik.

Departemen Keuangan mengatakan pada hari Kamis bahwa pemerintah pusat China akan mengalokasikan 27.64 miliar yuan ($ 4.23 miliar) untuk membantu pemerintah daerah membayar penutupan kapasitas di sektor baja dan batu bara tahun ini.

Sebagian besar sektor, termasuk konsumen dan bank naik pada hari Jumat dalam perdagangan yang ringan. (sdm)

Sumber: reuters