Saham Batu Bara dan Baja Angkat Bursa China

RIFAN FINANCINDO – Bursa saham China daratan menguat tajam di antara pasar saham negara berkembang di Asia, dengan perusahaan energi dan material naik-turun keuntungan setelah pembuat kebijakan mengatakan mereka akan mengurangi kelebihan kapasitas dalam industri batubara dan baja.

Indeks Shanghai Composite naik 0,7 persen. China Shenhua Energy Co. naik ke tujuh minggu tertinggi setelah kepala Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional mengatakan negara akan mengurangi kapasitas batu bara tahun ini sekitar 7,5 persen untuk membatasi polusi dan menghilangkan apa yang dinamakan dengan perusahaan “zombie” dalam pergumulan sektor industri. Saham Angang Steel Co. naik tajam dalam hampir empat bulan gterakhir setelah NDRC mengatakan, pihaknya juga berencana untuk melepaskkan 45 juta ton kapasitas baja tahun ini. Indeks ChiNext untuk saham-saham perusahaan kecil naik 1,5 persen.

Kenaikan dalam ekuitas daratan kontras dengan penurunan di sebagian besar pasar saham Asia lainnya setelah pemungutan suara Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa meningkat kecemasan di kalangan investor di seluruh dunia. Pasar saham telah bereaksi terlalu berlebihan untuk apa yang disebut dengan Brexit dan perlu untuk menenang diri, Menteri Keuangan China Lou Jiwei mengatakan di Beijing selama akhir pekan.

Indeks Shanghai Composite diperdagangkan di level 2,874.92 pada pukul 11:11 siang waktu setempat. Indeks CSI 300 naik 0,7 persen, dengan indeks dari perusahaan consumer-staples dan energi naik setidaknya 1,6 persen di antara kelompok industri. Indeks MSCI Emerging Markets turun 0,8 persen, sedangkan Indeks Hang Seng China Enterprises dari perusahaan china daratan yang diperdagangkan di Hong Kong kehilangan 0,7 persen.(frk)

Sumber: Bloomberg

PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo

Disclaimer: Semua informasi yang terdapat dalam website kami ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan berita terbaik, namun demikian kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari website kami ini. Kami berhak mengatur dan menyunting isi saran atau tanggapan dari pembaca atau pengguna agar tidak merugikan orang lain, lembaga, ataupun badan tertentu serta menolak isi berbau pornografi atau menyinggung sentimen suku, agama dan ras.