Saham Asia Turun Terkait spekulasi Meningkatnya Suku Bunga AS

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Saham Asia jatuh, pasca melemahnya ekuitas AS, seiring data pekerjaan AS yang lebih baik dari perkiraan analis sehingga memicu spekulasi Federal Reserve akan lebih cepat untuk menaikkan suku bunga.

Indeks MSCI Asia Pacific turun 0,3% menjadi 144,98 pada 09:01 pagi di Tokyo, dengan semua dari 10 kelompok industri menurun. Sementara para pengusaha di Amerika menambahkan sebanyak 295.000 pekerja bulan lalu, menurut data Departemen Tenaga Kerja menunjukkan Jumat di Washington, mengalahkan prediksi rata-rata dalam survei Bloomberg terhadap para ekonom untuk 235.000 peningkatan. Tingkat pengangguran turun ke level terendah dalam hampir tujuh tahun. Indeks Standard & Poor 500 turun 1,4%, merupakan yang tertajam sejak Januari lalu.

Indeks Topix Jepang turun 0,7% seiring direvisi di kuartal keempat pada gross domestic product (GDP) naik kurang dari perkiraan sebelumnya. Indeks Kospi Korea Selatan melemah 0,5% dan indeks Australia S&P/ASX 200 turun 0,7%.Indeks NZX 50 Selandia Baru tergelincir 0,2%.

Kontrak pada indeks Hang Seng Hong Kong melemah 0,5% dalam sebagian besar perdagangan terakhir dan kontrak pada Indeks Hang Seng China Enterprises dari perusahaan China yang terdaftar di kota turn sebanyak 0,8%.

Sementara Ekspor meningkat lebih dari 48% dari tahun sebelumnya pada bulan Februari, mengalahkan perkiraan analis untuk lonjakan 14%, meskipun jumlah tersebut dipengaruhi oleh distorsi dari waktu liburan Tahun Baru Imlek. Selama bulan Januari, penjualan di luar negeri meningkat sebesar 15%, melebihi target pemerintah untuk tahun 2015 adalah 6%.(yds)

Sumber: Bloomberg