Saham Asia Turun seiring Stimulus ECB Gagal Tenangkan Investor

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Asia jatuh, dengan indeks regional menuju kerugian mingguan pertama dalam empat minggu, setelah penguatan yang belum pernah terjadi sebelumnya dari Bank Sentral Eropa untuk kebijakan moneter gagal mendongkrak sentimen investor.

Indeks MSCI Asia Pacific tergelincir 0,3 persen ke level 125,16 pada pukul 09:04 pagi waktu Tokyo, menuju kerugian 0,9 persen minggu ini. Meningkatnya kekhawatiran bahwa bank sentral telah kehilangan kemampuan untuk mendukung pasar keuangan dari gejolak yang menggelincirkan rally di pasar saham global. Sementara pengumuman ECB merupakan tembakan awal untuk aset berisiko, indikasi Presiden Mario Draghi bahwa suku bunga tidak akan dipotong dengan cepat membalikan mood, dengan investor mengambil kurang dari 90 menit untuk pergi dari keruwetan dalam skala pergerakan yang mengecewakan pada prospek stimulus. Fokus saat ini bergeser ke pertemuan minggu depan dari Bank of Japan dan Federal Reserve.

Indeks Topix Jepang turun 1,1 persen. Indeks Kospi Korea Selatan sedikit berubah. S & P / ASX 200 Index Australia turun 0,2 persen. S & P / NZX 50 Index Selandia Baru turun 0,3 persen, turun dari rekor. Pasar di China dan Hong Kong belum memulai perdagangan saat berita ini dirilis. (Sdm)

Sumber: Bloomberg