Saham Asia Turun menyusul Investor Timbang Ketegangan di Timur Tengah

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Asia jatuh setelah pemutusan hubungan diplomatik Arab Saudi dengan Iran membebani selera untuk membeli aset beresiko, sementara lonjakan minyak mentah mendorong produsen energi.

MSCI Asia Pacific Index turun 0,3 persen ke level 131,57 pada pukul 09:01 pagi waktu Tokyo. Yen diperdagangkan mendekati level tertinggi dalam lebih dari dua bulan, menyeret saham di Tokyo untuk berada di level rendah. Saham energi menguat setelah Arab Saudi mengusir diplomat Republik Islam dari negara itu menyusul serangan terhadap kedutaan besarnya di Teheran untuk memprotes eksekusi Saudi terhadap ‘seorang ulama Syiah terkemuka. Langkah ini menandai krisis terburuk dalam hubungan antara negara sejak akhir 1980-an.

Saham Asia diperdagangkan untuk hari pertama 2016 setelah membukukan back-to-back kerugian tahunan. Minyak mentah Brent anjlok 35 persen tahun lalu dan Komoditi Index Bloomberg merosot 25 persen di tengah melimpahnya stok minyak dan perlambatan pertumbuhan ekonomi China, menekan pasar ekuitas dan laba perusahaan. (sdm)

Sumber: Bloomberg