Saham Asia Turun, Memperpanjang Level 5 Bulan Terendahnya

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Asia melemah, dengan indeks acuan regional memperpanjang level 5 bulan terendah, di tengah kekhawatiran bahwa kemerosotan ekuitas China akan menekan pertumbuhan ekonomi terbesar kedua di dunia.

Indeks MSCI Asia Pacific turun 0,4 % ke level 139,13 pada pukul 09:01 pagi waktu Tokyo. Regulator sekuritas China melarang pemegang saham utama, eksekutif perusahaan dan direktur penjualan saham di perusahaan yang terdaftar selama 6 bulan, upaya terbaru untuk menahan penurunan ekuitas yang menghilangkan nilai ekuitas lebih dari $ 3 triliun. Dan memberikan dampak negative pada bahan bakar dan memicu kekhawatiran bagi investor, kata Mark Mobius, ketua eksekutif dari Templeton Emerging Markets Group.

Indeks Shanghai China Composite anjlok sebesar 5,9 % dan kemarin ditutup pada level 3 bulan terendah, karena langkah-langkah dukungan pemerintah gagal untuk meredam kekhawatiran bahwa investor yang meminjam untuk membeli saham akan terus membalikkan perdagangan pada laju rekornya. Sedangkan Indeks Hang Seng China Enterprises saham China daratan yang diperdagangkan di Hong Kong merosot 6,1 % sedangkan Indeks Hang Seng catat penurunan terbesarnya sejak krisis keuangan global.

Data inflasi China pada hari ini, dengan penjualan terkunci dari 72 % dari pasar di tengah suspensi perdagangan. The Federal Reserve khawatir atas dampak dari kemerosotan perekonomian China pada awal bulan lalu. (knc)

Sumber : Bloomberg