Saham Asia Turun Diiringi Indeks Topix yang Berfluktuasi

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Asia turun diiringi bursa Jepang yang berfluktuasi sementara saham energi yang melacak kemerosotan harga minyak.

Indeks MSCI Asia Pacific turun 0,3 % ke level 118,33 pada pukul 09:20 pagi waktu Tokyo. Saham global alami rally selama tiga hari terakhir setelah kehilangan dana lebih dari $ 8 triliun untuk nilai ekuitas sejak awal tahun ini di tengah kekhawatiran atas pertumbuhan ekonomi terbesar di dunia lebih yang lebih lemah dari perkiraan. Minyak mentah merosot di tengah spekulasi bahwa perjanjian oleh kedua negara penghasil minyak terbesar untuk membekukan output mereka tidak akan berhasil guna menanggulangi surplus global.

Indeks Topix naik 0,1 %, setelah sebelumnya mengalami gain 0,7 %. Saham-saham Jepang reli terbesar selama dua hari sejak 2008 silam, termasuk lonjakan 8 % pada hari Senin, di tengah spekulasi aksi jual global pada tahun ini adalah berlebihan dan karena kepercayaan tumbuh untuk bank sentral yang akan melakukan apapun yang diperlukan untuk mendukung pasar. Sementara itu, Yen diperdagangkan pada level 114,08 setelah kemarin menguat 0,5 % seiring perjanjian antara Arab Saudi dan Rusia dapat membebani harga minyak, mengirim para investor beralih ke aset haven.

Indeks S&P / ASX 200 Australia turun 0,3 % dan Indeks S&P / NZX 50 Selandia Baru menguat 0,4 %. Indeks Kospi Korea Selatan melemah 0,2 %. (knc)

Sumber : Bloomberg