Saham Asia Naik seiring Menguatnya Saham Jepang pada Yen; BHP Billiton Jatuh

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Asia naik seiring pelemahan yen mendorong eksportir Jepang dan saham-perawatan kesehatan memimpin kenaikan. BHP Billiton Ltd merosot di Sydney.

MSCI Asia Pacific Index naik 0,4 persen ke level 134,37 pada pukul 09:00 pada waktu Tokyo. Indeks Topix Jepang naik 0,4 persen setelah yen turun 0,2 persen terhadap dolar pada hari Rabu. Ekuitas yang terkikis minggu ini seiring harga komoditas merosot dan di tengah kekhawatiran tentang meningkatnya ketegangan antara Rusia dan Turki setelah jatuhnya pesawat perang Rusia. Fokus bergeser ke kebijakan moneter AS minggu depan seiring investor menunggu laporan payrolls bulanan. Spekulasi juga meningkat dari stimulus lebih lanjut oleh Bank Sentral Eropa.

Indeks Australia S & P / ASX 200 naik 0,8 persen. BHP Billiton merosot 2,3 persen setelah JPMorgan Chase & Co memangkas rekomendasinya terhadap perusahaan pertambangan terbesar di dunia itu dan mengatakan perusahaan dapat mengurangi dividen sebesar 50 persen tahun depan.

S & P / Indeks NZX 50 Selandia Baru naik 0,2 persen. Indeks Kospi Korea Selatan naik 0,5 persen. Pasar di Hong Kong dan China belum dibuka. (sdm)

Sumber: Bloomberg