Saham Asia Naik Seiring Ekonomi AS Tumbuh Melebihi Perkiraan

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Asia naik untuk hari ketiga diiringi reli pada saham global dan ekonomi AS tumbuh melebihi dari yang diharapkan pada kuartal kedua.

Indeks MSCI Asia Pacific naik 0,4 % ke level 129,32 pada pukul 09:01 pagi waktu Tokyo. Indeks tersebut dimulai pekan ini dengan penurunan selama 2 hari sebesar 5,1 %, telah rally selama 3 hari terakhir. Kontrak berjangka menunjukkan pasar saham China akan terus rebound, dengan kontrak pada Indeks FTSE China A50 menguat 2,3 % dan Indeks Hang Seng China Enterprises naik 1,8 %.

Data pada hari Kamis menunjukkan data produk domestik bruto (PDB) AS meningkat 3,7 % pada tingkat tahunan, melebihi dari perkiraan para ekonom yang disurvei oleh Bloomberg, dan naik 2,3 % yang dilaporkan bulan lalu. Sebuah laporan terpisah menunjukkan pengajuan untuk klaim pengangguran turun ke level 3 minggu terendah.

Data dirilis seiring pembuat kebijakan Federal Reserve memperdebatkan apakah pertumbuhan ekonomi cukup kuat untuk bertahan pada kenaikan suku bunga untuk pertama kalinya sejak tahun 2006. Gubernur bank sentral melakukan pertemuan di Jackson Hole, Wyoming, untuk diskusi pada tingkat inflasi terkait melambatnya ekonomi China memacu kekhawatiran terhadap penurunan harga. Ketua The Fed Janet Yellen tidak akan hadir tahun ini. (knc)

Sumber : Bloomberg