Saham Asia naik Pasca Data Pabrik AS Redam Spekulasi Kenaikan Suku Bunga

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Asia meningkat, pasca saham AS mengalami rebound seiring lemahnya data ekonomi meredam spekulasi rencana the Fed yang akan menaikan tingkat suku bunga acuan.

Indeks MSCI Asia Pasific menguat 0.4 persen ke level 144.40 pukul 9:02 pagi di Tokyo. Produksi pabrik AS turun pada bulan februari lalu untuk bulan ketiga secara berturut-turut, menurut data yang dirilis senin kemarin, sementara tingkat kepercayaan antara pengembang AS tiba-tiba turun bulan ini ke level delapan bulan terendah. Indeks Standard & Poor 500 naik sebesar 1,4 persen, terbesar dalam hampir enam pekan terakhir. The Fed akan memulai pertemuan selama dua hari pada hari ini, dengan investor mengamati apakah bank sentral menghilangkan referensi “bersabar” terkait kenaikan suku bunga dari pernyataannya.

Ketua the Fed Janet Yellen mengatakan bulan lalu bahwa The Fed berjanji untuk “bersabar” untuk memulai menaikkan biaya pinjaman yang berarti peningkatan tidak mungkin dilakukan “setidaknya dalam beberapa pertemuan berikutnya”. Perdagangan berjangka menunjukkan peluang 50 persen the Fed akan meningkatkan biaya pinjaman utamanya setidaknya menjadi 0,5 persen pada September, dibandingkan dengan 59 persen pada tanggal 6 Maret lalu. (izr)

Sumber: Bloomberg