Saham Asia Naik Jelang Rapat Darurat Pada Krisis Utang Yunani

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Saham Asia menguat menjelang rapat darurat Eropa pada hari Senin pada krisis utang Yunani.

Indeks MSCI Asia Pacific naik 0,3% menjadi 147,66 pada 09:06 pagi di Tokyo setelah tergelincir 0,7% pekan lalu. Indeks berjangka Standard & Poor 500 naik 0,4% menjelang pertemuan, yang dipandang sebagai upaya terakhir untuk Yunani dan kreditur guna merancang kesepakatan bailout.

Seiring waktu yang terus berjalan pada 30 Juni adalah waktu untuk melakukan pembayaran serta kesepakatan baru setelah berbulan-bulan negosiasi tanpa hasil, Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras harus meyakinkan kreditor negara bahwa dia siap untuk berjanji berkompromi pada pemilu untuk menghindari default. Ia diberitahu Kanselir Jerman Angela Merkel, Presiden Prancis Francois Hollande dan Presiden Komisi Uni Eropa Jean-Claude Juncker usulan Yunani untuk membuka dana talangan, menurut sebuah pernyataan terpisah dari kantornya.

Indeks Kospi Korea Selatan naik 0,8%, sedangkan indeks Topix Jepang naik 0,5%. Indeks Jepang telah jatuh selama tiga pekan terakhir secara berturut-turut.

Indeks Australia S & P / ASX 200 tergelincir 0,1%. Indeks NZX 50 Selandia Baru sedikit berubah.

Sementara pasar saham di China ditutup pada hari Senin untuk liburan. Shanghai Composite anjlok 13% pekan lalu, aksi jual mingguan terburuk sejak 2008, di tengah kekhawatiran valuasi menuju ke level yang tidak berkelanjutan.(yds)

Sumber: Bloomberg