Saham Asia Menuju Penurunan Mingguan Ke-4 terkait Kekhawatiran Pertumbuhan

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Asia menuju penurunan beruntun terburuk mingguan sejak September menyusul investor menilai apakah kenaikan suku bunga AS bulan depan akan berarti bagi pertumbuhan global. Produsen bahan baku rebound untuk memimpin keuntungan pada indeks patokan regional.

Indeks MSCI Asia Pacific turun 0,1 persen ke level 125,17 pada pukul 09:04 pagi waktu Tokyo, memperpanjang penurunan minggu ini menjadi 0,4 persen. Indeks ini di jalur untuk penurunan minggu keempat, yang merupakan jangka terburuk sejak penurunan tujuh minggu yang berakhir pada bulan September. Minggu ini lonjakan harapan untuk suku AS yang lebih tinggi memberikan pukulan lain terhadap sentimen yang sudah rapuh di tengah pendapatan yang lebih lemah dari perkiraan di Jepang dan data ekonomi yang mengecewakan di Cina.

Beberapa pembuat kebijakan Fed menyatakan kekhawatiran bahwa pasar sedang tidak siap untuk kenaikan suku bunga bulan depan, risalah rapat April bank sentral menunjukkan minggu ini. Dokumen tersebut juga menunjukkan kesediaan pembuat kebijakan untuk menaikkan suku bunga pada bulan Juni jika perekonomian terus membaik.

S & P / ASX 200 Index Australia sedikit berubah dan S & P / NZX 50 Index Selandia Baru turun 0,2 persen. Indeks Kospi Korea Selatan melemah 0,1 persen. (sdm)

Sumber: Bloomberg