Saham Asia Menuju Level Terendahnya Sejak 2012 Jelang Pembukaan Pasar China

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Asia jatuh, dengan indeks acuan di wilayah tersebut menuju penutupan terendah sejak November 2012, karena yen membebani saham di Tokyo serta investor yang menunggu dimulainya kembali perdagangan di Cina menyusul hari liburnya.

Indeks MSCI Asia Pacific turun 0,5% menjadi 124,17 pada 09:01 pagi di Tokyo. Indeks tersebut merosot 4,8% pekan lalu, mencatat penurunan mingguan ketujuhnya, seiring kontraksi pada manufaktur China yang diperkuat sentimen investor mengenai ekonomi terbesar kedua dunia tersebut. Indeks Standard & Poor 500 turun 1,5% pada hari Jumat setelah data payroll Agustus gagal memberikan kejelasan pada prospek suku bunga.

China bekerja untuk menenangkan kekhawatiran ekonomi di pertemuan G-20 di Turki pada akhir pekan, dengan para pejabat yang akan memprediksi stabilisasi di pasar mata uang dan saham dalam beberapa pekan mendatang. Gubernur PBOC Zhou Xiaochuan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa gejolak dalam ekuitas China akan berakhir dan bahwa intervensi negara mencegah risiko sistemik dan akan berhenti.(yds)

Sumber: Bloomberg