Saham Asia Meningkat untuk Pertama Kali dalam 6 Hari Jelang Rilis Data CPI China

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Asia menguat mengirim indeks acuan menuju kenaikan pertamanya dalam enam hari terakhir, pasca ekuitas AS rebound dan karena investor menunggu laporan inflasi China.

Indeks MSCI Asia Pacific naik sebesar 0,1 persen ke level 146,87 pukul 09:02 di Tokyo, naik dari level empat pekan terendahnya. Indeks saham turun sebesar 1,6 persen dalam lima hari terakhir karena para investor menimbang prospek kebijakan moneter AS menjelang pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) pada 16-17 September mendatang.

Indeks Topix Jepang menguat sebesar 0,5 persen. Indeks Australia S&P/ASX 200 naik sebesar 0,1 persen menjelang rilis laporan pekerjaan dan Indeks NZX 50 Selandia Baru melonjak sebesar 0,3 persen setelah bank sentral tetap mempertahankan tingkat suku bunga acuannya. Indeks Kospi Korea Selatan turun sebesar 0,2 persen karena kembali ditransaksikan setelah libur selama tiga hari. Pasar financial China dan Hong Kong belum dibuka ketika berita ini diturunkan.

Indeks harga konsumen China naik sebesar 2,2 persen bulan lalu dari tahun sebelumnya, menurut survei Bloomberg terhadap para ekonom. Laporan pertumbuhan kredit dalam perekonomian terbesar di Asia juga akan dirilis hari ini.

Indeks MSCI Asia Pacific Index ditransaksikan pada 13,6 kali estimasi laba pada penutupan terakhir, dibandingkan dengan 16,7 untuk S & P 500 dan 15,5 untuk Indeks Stoxx 600 Eropa.(izr)

Sumber: Bloomberg