Saham Asia Meningkat Pasca China Pangkas Suku Bunga

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Asian meningkat mengirim indeks saham Jepang rebound dari penurunan terbesar selama dua hari terakhir sejak 2011 lalu seiring investor menunggu pembukaan pasar China berikut pemangkasan suku bunga hari Selasa.

Indeks MSCI Asia Pacific naik sebesar 0,7 persen ke level 125,75 pukul 09:07 pagi di Tokyo, pasca mencatat penurunan beturut-turut dalam delapan hari terakhir pada hari Selasa untuk memasuki bear market. Kontrak pada indeks Standard & Poor 500 melemah 0,9 persen.

Pasca indeks Shanghai Composite turun sebesar 7,6 persen pada Selasa untuk mencatat penurunan sebesar 22 persen dalam empat hari terakhir, para pembuat kebijakan China memangkas suku bunga untuk kelima kalinya sejak November lalu dan menurunkan jumlah kas bank yang harus disisihkan. Sementara indeks saham berjangka Cina melonjak, diikuti kontrak pada indeks FTSE China A50 Indeks melonjak 4,9 persen, dana yang ditransaksikan di bursa saham pelacakan China hampir menghapus reli di New York.

Indeks Topix Jepang naik 1,5 persen. Indeks Australia S&P/ASX 200 turun sebesar 0,7 persen dan indeks Kospi Korea Selatan melemah 0,2 persen. Indeks NZX 50 Selandia Baru naik sebesar 0,2 persen.

Volume melonjak dan ayunan di indeks ekuitas Asia Pasifik terluas sejak Maret 2011 lalu pada hari Selasa. Gejolak di bursa saham global telah menyapu bersih lebih dari $8 triliun dana investor sejak devaluasi mata uang China pada 11 Agustus lalu. (izr)

Sumber: Bloomberg