Saham Asia Menguat Untuk Hari Keempat Ditengah Optimisme Bank Sentral

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Asia menguat, dengan indeks acuan regional menuju kenaikan hari keempatnya, karena saham di Tokyo memperpanjang reli hari Jumat pasca peningkatan stimulus moneter yang dilakukan oleh Bank of Japan.

Indeks MSCI Asia Pacific naik 0,4 persen menjadi 121,82 pada 09:05 pagi di Tokyo, memperpanjang kenaikan beruntun terpanjang tahun ini karena optimisme yang tumbuh bahwa bank-bank sentral di seluruh dunia akan mendukung pasar keuangan.

Para pembuat kebijakan bangkit dari awal terburuk tahun sejak 2009 untuk ekuitas global, membantu untuk meringankan aksi jual yang menghilangkan lebih dari $ 5 triliun dari nilai pasar. Indikasi bahwa Bank Sentral Eropa akan memperluas stimulus secepatnya di bulan Maret diikuti oleh The Fed yang tetap stabil di tingkat suku bunganya dan mencatat keprihatinannya atas situasi global. BOJ telah mengalahkan mereka berdua, mengejutkan investor Jumat kemarin dengan bergabungnya ECB yang memaksakan tarif negatif, strategi ini pernah dianggap terpikirkan antara gubernur bank sentral yang bertujuan untuk memicu pengeluaran.

Indeks Topix Jepang melonjak 1,2 persen, menambah kenaikan 2,9 persen Jumat kemarin, karena yen mempertahankan penurunannya dekat enam minggu terendah. Indeks Kospi Korea Selatan menguat 0,2 persen. Indeks S & P / ASX Australia 200 naik 0,9 persen. Indeks acuan Selandia Baru meningkat 0,4 persen.

Indeks berjangka pada Indeks FTSE China A50 naik 0,4 persen di sebagian besar perdagangan terakhir, sedangkan untuk indeks Hang Seng Hong Kong turun 0,7 persen. indeks Shanghai Composite menguat 3,1 persen pada hari Jumat di tengah spekulasi aksi jual bulanan paling tajam sejak krisis keuangan global menjadi berlebihan, sementara bank sentral telah memberikan lebih banyak likuiditas ke dalam sistem keuangan untuk mencegah krisis uang tunai sebelum liburan bulan ini.(mrv)

Sumber: Bloomberg