Saham Asia Menguat, Pangkas Kuartalan Terendah Sejak Krisis Keuangan

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Asia menguat pada hari terakhir kuartal, mengikuti rally saham AS di sesi akhir perdagangan, seiring indeks acuan regional pangkas kuartalan terendah sejak krisis keuangan.

Indeks MSCI Asia Pacific naik 0,3 % ke level 121,40 pada pukul 09:00 pagi waktu Tokyo. Indeks telah anjlok 17 % sejak akhir Juni lalu, berada di jalur penurunan terbesar sejak kuartal yang berakhir September 2008. Turun 6,6 % pada bulan yang sama.

Saham telah stabil dalam beberapa pekan terakhir di tengah kebingungan atas posisi Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga dan kekhawatiran atas perlambatan ekonomi China yang akan menghambat permintaan untuk komoditas dan berdampak pada pertumbuhan global. China mulai liburan pada hari Kamis selama 5 hari.

Indeks Topix Jepang naik 1,5 % setelah kemarin jatuh 4,4 %. Indeks Kospi Korea Selatan turun 1,4 % pada hari ini karena telah dibuka kembali dari liburan selama 2 hari. Indeks Australia S&P / ASX 200 menguat 0,1 %, dan Indeks NZX 50 Selandia Baru melemah 0,4 %.

Kontrak pada Indeks Hang Seng Hong Kong naik 0,7 % di sebagian besar akhir perdagangan, sementara di Indeks Hang Seng China Enterprises menguat 0,9 %. Indeks saham H kemarin melemah 3 %, yang merupakan penurunan terbesar dalam sebulan terakhir, sedangkan Indeks Hang Seng merosot 3 % ke level 2 tahun terendah. (knc)

Sumber : Bloomberg