Saham Asia Mengikuti Aksi Selloff Global Jelang Rilis Data CPI China

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Asia mengikuti aksi jual global di tengah kekhawatiran bahwa para pembuat kebijakan AS akan mengakhiri era suku bunga pada rekor rendah pada bulan depan yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan seiring para investor menunggu laporan data inflasi China. Saham material dan teknologi memimpin penurunan.

Indeks MSCI Asia Pacific turun 0,4 % ke level 133,16 pada pukul 09:00 pagi waktu Tokyo mengikuti penurunan Indeks Topix Jepang dari level 11 pekan tertinggi. Indeks Standard & Poor 500 melemah 1 % pada hari Senin karena para investor dihadapkan kemungkinan kenaikan suku bunga Federal Reserve pada tahun ini. Untuk manajer aset Asia, prospek pengetatan kebijakan AS terkait kekhawatiran tentang prospek melambatnya pertumbuhan China. Indeks harga produsen dalam perekonomian terbesar di Asia turun untuk bulan ke-44 pada bulan Oktober dan tingkat inflasi konsumen melambat, menurut perkiraan ekonom sebelum laporan hari Selasa.

Indeks Topix turun 0,8 % di Tokyo, sedangkan Indeks Kospi Korea Selatan melemah 0,5 %. Indeks S&P NZX 50 Selandia Baru merosot 0,7 %. Indeks Australia S&P / ASX 200 menurun 1,2 %. Sementara pasar financial di China dan Hong Kong belum memulai perdagangan, sedangkan di Singapura dan Malaysia ditutup untuk liburan. (knc)

Sumber : Bloomberg