Saham Asia Hentikan Kenaikan Beruntunnya Jelang Rilis Data China

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Saham Asia jatuh, bersiap untuk meenghentikan kenaikan beruntun terpanjangnya sejak Desember 2013 lalu, jelang China melaporkan pertumbuhan ekonomi. Saham Jepang turun terkait penguatan yen.?Indeks MSCI Asia Pacific turun 0,2% menjadi 152,77 pada 09:01 pagi di Tokyo. Indeks tersebut naik sembilan hari terakhir untuk ditutup pada level tertinggi sejak Mei 2008 pada Selasa. Ekspansi China mungkin melambat menjadi 7% pada kuartal pertama, yang merupakan level terendah sejak tiga bulan pertama tahun 2009, menurut ekonom yang disurvei sebelum data Laporan penjualan ritel dan output industri pada Rabu.

Indeks Topix Jepang turun 0,2% setelah yen menguat 0,6% pada Selasa. Indeks NZX 50 Selandia Baru turun 0,2%. Indeks Kospi Korea Selatan dan Indeks Australia S & P/ASX 200 naik 0,2%.?Kontrak pada indeks Hang Seng Hong Kong naik 0,1% di sebagian besar perdagangan baru-baru ini. Ekuitas di Hong Kong merupakan yang mencatat kenaikan terbesar di dunia bulan ini, turun setidaknya 1,6% pada Selasa, dengan indeks Hang Seng turun tajam tahun ini.

Gain pada PetroChina Co, Industrial & Commercial Bank of China Ltd dan China Mobile Ltd telah membuat saham mereka menjadi yang keempat, tujuh dan delapan yang paling penting di dunia, setelah masing-masing tidak hadir setahun yang lalu, data yang dihimpun oleh Bloomberg show. Masing-masing telah meningkat dalam 12 bulan terakhir ditengah kenaikan yang mendorong Indeks Shanghai Composite Index naik sebesar 94%.(yds)

Sumber: Bloomberg