Saham Asia Fluktuatif menyusul Prospek Stimulus China Tingkatkan Komoditas

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Asia berfluktuasi, dengan produsen komoditas memimpin keuntungan setelah minyak dan bijih besi melonjak di tengah spekulasi stimulus China akan meningkatkan permintaan untuk bahan baku. Ekuitas turun di Tokyo seiring penguatan yen.

MSCI Asia Pacific Index turun 0,2 persen ke level 126,06 pada pukul 09:31 pagi waktu Tokyo, setelah mendapatkan 0,2 persen sebelumnya. Komoditas terdorong oleh prospek China akan meningkatkan upaya untuk ekonominya setelah para pemimpin pada akhir pekan mengatakan mereka berencana membuat rekor defisit anggaran tinggi di tengah ekspektasi pertumbuhan akan melambat pada 2016. Bank Sentral Eropa juga diperkirakan akan memberikan langkah-langkah pelonggaran moneter minggu ini.

Australia S & P / ASX 200 Index naik 0,1 persen, sedangkan S & P / NZX 50 Index Selandia Baru naik 0,3 persen. Indeks Kospi Korea Selatan turun 0,3 persen.

Jepang Topix tergelincir 0,6 persen menyusul penguatan yen terhadap dolar dan data revisi menunjukkan ekonomi negara menyusut 1,1 persen tahunan pada kuartal keempat, lebih baik dari proyeksi ekonom untuk kontraksi 1,5 persen yang dilaporkan sebelumnya 1,4 persen. Ini merupakan kontraksi kedua dalam tiga kuartal. (smd)

Sumber: Bloomberg