Saham AS Turun dengan Harga Minyak Menuju Perdagangan di Akhir Tahun

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Keuntungan di saham Amazon.com Inc dan Walt Disney Co memicu penurunan saham AS yang dipimpin oleh saham energi, seiring Indeks Standard & Poor 500 berjuang untuk penguatan tahun ini yang telah memasuki hari perdagangan terakhir di tahun 2015.

Indeks S&P 500 turun 0,2 % ke level 2,056.55 pada pukul 04:00 sore waktu New York, seiring indeks dalam perdagangan sore memangkas penurunan lebih awal sebesar 0,8%. Minggu ini perdagangan dipersingkat, karena pasar ditutup untuk liburan Hari Tahun Baru pada Jumat mendatang.

Sementara pembuat kebijakan berharap laju kenaikan di masa depan akan dilakukan secara bertahap, mereka telah menekankan bahwa kebijakan tersebut tergantung pada penguatan dalam data ekonomi. Laporan minggu ini meliputi pembacaan pada harga rumah, indeks kepercayaan konsumen dan penjualan rumah yang tertunda.

Saham masih melawan tren keuntungan historis di bulan terakhir tahun ini. Di tengah serangkaian data yang mengalami rally dan aksi jual berfluktuasi terkait fokus investor pada kenaikan suku bunga AS untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade terakhir, Indeks S&P 500 sedang menuju kemerosotan terbesar di bulan Desember sejak tahun 2002, merosot 1,2 %. Indeks ekuitas acuan AS saat ini mengalami penurunan untuk tahun ini, sekarang turun 0,1 % setelah berayun di antara keuntungan dan kerugian sepanjang bulan Desember. (knc)

Sumber: Bloomberg